Harga Kambing Sapera – Kambing Perah Indonesia 2024 di Karawang Jawa Barat

Berapa harga seekor kambing Sapera? Harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kelebihan dan kualitasnya. Namun sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu kambing Sapera dan apa saja manfaatnya, serta apa saja manfaat Sapera dalam membantu produksi susu pada peternakan kambing tersebut.
Dilihat dari ciri fisiknya, kambing ini biasanya mempunyai warna putih bersih. Ada ras tertentu yang juga memiliki tanda hitam di sisi putihnya. Telinganya memanjang dan terkulai, mirip dengan kambing etawa maupun ras etawa (PE).
Kegunaannya adalah kambing Sapera mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dan kualitasnya terjamin. Hal inilah yang membuat Sapera dikenal sebagai kambing perah. Tapi, tubuhnya cukup gemuk, dimana penggunaan dagingnya masih sangat memungkinkan.
Seiring berjalannya waktu, jenis kambing perah yang ada di Indonesia semakin banyak dan berkembang. Jenis kambing perah yang ada di Indonesia sangatlah banyak. terbiasa dengan kambing perah Etawa ras Etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian dan tentunya Sapera. Banyaknya jenis kambing memberikan peluang terjadinya persilangan atau persilangan untuk menghasilkan varietas yang lebih baik.
Tertarik mendatangkan Sapera unggul kualitas super ke peternakan? Penjelasan berikut akan membantu Anda mengenal lebih jauh tentang kambing Sapera. Kambing Sapera.
Sapera Kambing adalah Anda, Kenali Sapera Lebih Jauh
Rendahnya harga yang dikenakan pada kambing Sapera turut meningkatkan kuantitas dan kualitas susu kambing di sebuah peternakan. Tidak diragukan lagi, Sapera merupakan salah satu kambing perah yang harganya paling murah namun merupakan ras yang unggul.
Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Berasal dari persilangan antara kambing Saanen fullblood dengan kambing perah PE (ras Etawa). Jika dilihat dari indukannya keduanya merupakan kambing perah dengan kualitas yang sama.
Saanen adalah kambing perah kelas atas internasional. Kualitas genetiknya jauh lebih unggul, tetapi harga Saanen berdarah asli masih sangat tinggi. Namun PE lebih murah, namun standar genetiknya tidak sebaik Saanen.
Anak dari kedua kambing perah ini adalah Sapera. Kambing Saanen memiliki semua kelebihan, namun harganya lebih murah dibandingkan PE. Harga kambing Sapera yang murah menjadi pilihan utama banyak peternak dan mereka yang fokus pada produksi susu kambing.
Untuk menggambarkan ciri fisiknya, untuk ciri fisiknya merupakan gabungan yang menggabungkan Saanen dan PE. Tanduk Sapera memanjang seperti kambing Saanen, telinganya terkulai ke bawah seperti PE. Warna dominan Sapera adalah putih bersih di sekujur tubuhnya, dengan bulu pendek. Tinggi badannya lebih tinggi dari PE dan kurang dari Saanen.
Nah, itulah alasan pertama kami untuk mengenal lebih jauh tentang kambing Sapera. Langkah selanjutnya akan membahas kelebihan yang dimiliki kambing Sapera yang merupakan salah satu pesaing utama dunia kambing perah lokal murah.

Keunggulan Kambing Perah Sapera

di Gibas Barokah Farm, Sapera mendapat pakan yang sepenuhnya unggul. Mulai dari rumput hijau (rumput gajah), kacang-kacangan (kaliandra lamtoro, indigofera, dan kaliandra), konsentrat, ampas tahu, dan pemenuhan kebutuhan mineral.
Melalui perawatan dan pemberian pakan yang tepat, Sapera diproduksi dengan kualitas terbaik. Berikut ini adalah garis besar manfaat kambing Sapera. Kambing sapera jika perawatannya sudah optimal.
1. Memiliki Kualitas Susu Unggul
Khasiat dan keunggulan kambing Sapera yang utama adalah kualitas susu yang dihasilkannya. Produk susu kambing Sapera dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Mulai dari bahan baku pembuatan campuran keju atau es krim, bahkan untuk membantu konsumen langsung.
Selain itu susu kambing Sapera dapat memberikan manfaat ekonomi bagi para peternak. Dapat memenuhi kebutuhan rutin keluarga petani. Juga usaha penjualan susu kambing yang menguntungkan.
Susu tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga rasanya enak dan tidak berbau tengik. Pada fase laktasi pertama susu dapat menghasilkan dua liter per ekor. Namun, pada tahap kedua laktasi meningkat dari 3,5 menjadi 4 liter per ekor!
2. Mudah Berkembang Biak
Apalagi kambing Sapera mudah diternakkan. Dalam waktu 8 bulan setelah melahirkan, kalau dua tahun, bisa melahirkan tiga kali. Seringkali mereka dapat melahirkan lebih dari 1 ekor. Sehingga memberikan keuntungan yang lebih besar bagi para peternak kambing.
Biasanya para peternak akan menjual domba dan anak sapi Sapera jantan untuk dijual sebagai kambing broiler. Ukuran kambing Sapera cukup besar, dengan jumlah daging yang banyak menjadikannya termasuk kambing perah. Sedangkan untuk anak perempuan sebaiknya ambil susunya.
3. Daya Tahan Yang Sangat Baik
Kambing Sapera juga mempunyai daya tahan yang luar biasa terhadap penyakit dan cuaca. Oleh karena itu, kambing Sapera layak dibudidayakan Sapera di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, merawat kambing perah ini sangatlah sederhana. Namun ada hal-hal tertentu seperti nutrisi yang cukup yang harus diberikan.
4. Postur tubuh lebih efektif dibandingkan PE.
Berkat manfaat tersebut, kambing Sapera yang berjenis kelamin jantan baik dikonsumsi dagingnya. Hal ini karena mereka memiliki daging yang lebih tebal dan postur yang lebih baik dibandingkan thMerekalah burung etawa yang berkembang biak. Susu kambing sapera bisa
tina merupakan alternatif bagi anda yang alergi atau tidak mampu minum susu sapi, cocok juga untuk balita.
5. Harga kambing Sapera sangat terjangkau.
Melihat keunggulan-keunggulan yang ada di atas, dari berbagai keunggulan di atas, maka kambing Saanen hampir bisa disejajarkan dengan Saanen fullblood. Meski demikian, harga kambing Saanen Trah asli masih mahal. Inilah sebabnya mengapa Sapera menjadi alternatif terbaik yang jauh lebih hemat. Harga kambing Sapera ditentukan oleh kualitasnya. Kambing Sapera berkaitan dengan kualitasnya sebagai kambing perah.
Mutu dan Produktivitas Susu Kambing Sapera
Produksi susu Kambing Sapera pada laktasi pertama adalah 2 liter susu per hari untuk setiap ekor kambing. Selain itu, pada laktasi kedua produksinya bisa meningkat hingga 4 liter per ekor. Maka dari itu produksi ASI yang optimal tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sama persis dengan kambing Saanen, dimana pada siklus laktasi pertama ini rata-rata sudah mencapai 3,8 Liter per ekor.
Hal ini dikarenakan susu Kambing Sapera yang berkualitas juga kaya akan nutrisi. Jumlah gizinya adalah protein dan lemak kambing, karbohidrat serta kolesterol kambing, kalori, vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, hingga asam amino. Kandungan proteinnya mencapai 3,6 persen, termasuk tinggi dibandingkan susu kambing pada umumnya.
Dari penjelasan di atas terlihat bahwa kualitas dan khasiat susu kambing Sapera sangatlah baik. Untung saja susu kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh karena butiran lemak susunya lebih kecil dan homogen. Introduksi kambing Sapera ke peternakan akan meningkatkan efisiensi dan kualitas kambing tersebut.

Harga Kambing Sapera, Kambing Perah Cross Unggul

Kambing Sapera berasal dari persilangan antara kambing darah murni Saanen dan ras Etawa (PE). Selain itu, dari persilangan ini, ia mewarisi genetika unggul dari kambing Saanen darah lengkap itu. Itulah sebabnya kambing Saanen kini menjadi kambing perah terbaik berstandar internasional.
Kambing Sapera dibanderol dengan harga yang wajar, berbeda dengan kambing Saanen yang harganya mahal. Walaupun kualitasnya memang tidak sebanding dengan Saanen namun harga kambing Sapera terjangkau dan cukup untuk meningkatkan taraf peternakan. Lantas, berapa harga kambing Sapera di Indonesia yang ada di pasaran?
Harga kambing Sapera betina umur lebih dari satu tahun, harga pasaran antara 4 – 6 juta. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan kambing berkualitas tinggi. Kambing yang berkualitas baik memberikan banyak manfaat bagi hewan.
Anda bisa mendapatkan kambing Sapera dengan harga lebih murah. Namun harus mengorbankan umur kambing yang belum dewasa, seperti anakan kambing Sapera. Kambing sapera disapih (sekitar 3 bulan).

Jual Kambing Sapera Bibit Asli di Gibas Barokah Farm

Tertarik memboyong kambing Sapera yang sudah terjamin kualitasnya? Gibas Barokah Farm (GB Farm) yang berlokasi di Ngawi siap membantu menyediakan domba dan kambing dengan kualitas terbaik. GB Farm telah berpengalaman bertahun-tahun dalam melayani pengadaan ternak premium, seimbang dan sehat bagi para peternak di seluruh Indonesia.
GB Farm GB Farm kami menjamin kambing Sapera yang Anda beli memiliki semua manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Terlebih lagi hal ini dikarenakan dalam pemberian pakan khususnya pakan GB Farm selalu memperhatikan gizi yang seimbang. Berikut alasan mengapa Anda memilih GB Farm sebagai platform pembelian dan perdagangan domba dan kambing berkualitas secara jelas.
#hargakambingsapera #sapera #kambingsapera #kambingperah